Menu Utama

Adiwiyata PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh moressette   
Senin, 04 Mei 2015 02:47

ADIWIYATA

Seorang pemimpin juga harus menetapkan kebijakan yang mendukung untuk tercapainya target, menyediakan sumber daya yang diperlukan serta melakukan tinjauan manajemen. Beberapa penerapan prinsip peduli lingkungan yang diterapkan di SMA Negeri 3 Temanggung adalah :

 

1.      Adanya pemilahan sampah yang dibedakan menjadi SMA, yaitu :

a.       Sampah Plastik

b.      Sampah Organik

c.       Sampah Kertas

2.      Adanya pemisahan tempat sampah yaitu :

a.       Tempat sampah berwarna kuning untuk sampah plastik

b.      Tempat sampah berwarna biru untuk sampah organik

c.       Tempat sampah berwarna merah untuk sampah kertas

 

3.      Adanya larangan membawa sampah plastik ke area sekolah yang diterapkan dengan cara :

a.       Tidak disediakan kantong plastik di kantin sekolah

b.      Jika membeli makanan atau minuman di luar area sekolah yang berkantong plastik dilarang untuk dibawa masuk ke area sekolah.

c.       Adanya kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah setiap 1 bulan sekali

d.      Adanya peringatan Hari-hari besar nasional tentang LINGKUNGAN

e.       Adanya peraturan tentang kebersihan kantin seperti, Peraturan untuk mengembalikan mangkok dan gelas kepada penjual setelah makan atau minum

 

4.      Adanya pembentukan kelompok-kelompok yang dibentuk untuk mengawasi lingkungan pada setiap kelas seperti :

a.       Polisi lingkungan

b.      Petugas taman kelas

c.       Petugas hemat energy

d.      Mading dan Jurnalis

e.       Petugas pemilah sampah

f.       Duta lingkungan

g.      Petugas pupuk kompos

 

 

5.      Adanya daur ulangan sampah seperti :

a.    Sampah plastic didaur ulang kembali menjadi berbagai kerajinan tangan

b.    Sampah organic diolah menjadi pupuk kompos

c.    Sampah kertas didaur ulang kembali menjadi kertas buram

 

6.      Adanya peraturan untuk mematikan listrik dan air setelah digunakan

a.    Penghematan dan penggunaan air PDAM atau sumur

b.    Penghematan dan penggunaan listrik sesuai dengan kebutuhan

 

7.      Adanya peraturan untuk menjaga kebersihan kamar mandi seperti :

a.    Melepas alas kaki saat akan masuk kamar mandi

b.    Menyiram kamar mandi dengan air setelah digunakan

c.    Membuang sampah di tempat yang telah disediakan

Selain adanya penerapan prinsip-prinsip peduli lingkungan di SMA Negeri 3 Temanggung juga perlu perhatian terhadap penataan lingkungan dan perencanaan pembangunan tata ruang yang ternecana dengan baik. Hal ini bertujuan agar pembangunan berkelanjutan yang berwawan lingkungan hidup dapat tercapai dengan baik. Ketercapain pembangunan hanya bisa diwujudkan jika semua elemen dan warga sekolah bisa bersinergi untuk mewujudkannya. Kepedulian semua pihak menjadi penting, kberpihakan instutsi sekolah terhadap program adiwiyata harus nyata, koordinasi dan komunikasi pimpinan dengan semua warga sekolah harus terjalin, agar mendapat dukungan penuh dari semua warga sekolah.

Berikut ini merupakan beberapa contoh tindakan yang dilakukan oleh para siswa sesuai dengan prinsip-prinsip peduli lingkungan

Saat ini di SMA Negeri 3 Temanggung juga mengadakan beberapa lomba untuk memperingati “ Hari Lahan Basah “ yang diikuti oleh siswa-siswi SMA Negeri 3 Temanggung mulai dari kelas X, XI, dan XII. Beberapa lomba diantaranya adalah:

a.       Lomba membuat narasi tentang “ Adiwiyata SMA NEGERI 3Ttemanggung “.

b.      Lomba membuat patung dari tanah liat.

c.       Lomba membuat poster tema” Lingkungan Hidup”

d.      Lomba membuat madding tema “Lingkungan Hidup”

e.       Lomba membuat kompoter

 

Program Adiwiyata adalah salah satu program milik Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negative

Dalam pelaksanaannya program milik Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan para pemangku kepentingan, menggulirkan Program Adiwiyata ini dengan harapan dapat mengajak warga sekolah melaksanakan proses belajar mengajar bertema lingkungan hidup dan turut berpartisipasi melestarikan serta menjaga lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya

 

Kata ADIWIYATA berasal dari 2 kata Sansekerta"ADI"dan"WIYATA".ADI mempunyai makna: besar, agung, baik, ideal atau sempurna.WIYATA mempunyai makna: tempat satunya adalah seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Bila kedua kata tersebut digabung, secara keseluruhan ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna:Tempat yang baik dan satunya adalah ideal dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai macam norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

 

Kegiatan utama Program Adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Jika semua sekolah ikut andil dalam program pemerintah ini, diharapkan di masa yang akan datang, lingkungan hidup di berbagai wilayah di seluruh pelosok negeri yang sudah diambang kerusakan, akan menjadi baik kembali. Dengan melibatkan seluruh warga sekolah, akan mengubah pula cara pandang masyarakat di sekitarnya, betapa penting menjaga kelangsungan hidup. Cara pandang masyarakat yang berubah tentang pentingnya melestarikan lingkungan hidup, dapat diyakini bahwa ke depan program adiwiyata mampu mewujudkan masyarakat yang berwawasan lingkungan.

 

Norma Dasar Program Adiwiyata

Program dan kegiatan yang dikembangkan harus berdasarkan norma-norma dasar dan berkehidupan yang meliputi antara lain:Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran dan Keadilan, dan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.

 

Prinsip prinsip pembeli-pembeli Dasar Program Adiwiyata

a.    Partisipatif:Komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggungjawab dan peran.

 

b.    Berkelanjutan:Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif

 

Keuntungan mengikuti Program Adiwiyata

 

Keuntungan yang diperoleh sekolah dalam mengikuti Program Adiwiyata adalah:

a.       Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah dan penggunaan berbagai macam sumber daya.

b.      Meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan konsumsi berbagai macam sumber daya dan energi.

c.       Meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah.

d.      Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah.

e.       Meningkatkan upaya menghindari berbagai macam resiko dampak lingkungan negatif dimasa yang akan datang.

f.       Menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan menu.

g.      Mendapat penghargaan Adiwiyata.

 

Sumber: di ambil dari Buku Kupas Tuntas Adiwiyata 2011

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 54 tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah RI Nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan evaluasi pelaksanaan mengenai rencana Pembangunan Daerah, Visi adalah Rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan dari pengertian diatas maka Visi Adiwiyata SMA Negeri 3 Temanggung adalah

                                     

"TERWUJUDNYA INSAN YANG UNGGUL DALAM PRESTASI DAN PAKARTI SERTA LINGKUNGAN”

 

Tugas pokok dan fungsi Tim Lingkungan Hidup SMA Negeri 3 Temanggung mewujudkan lingkungan sekolah yang berwawasan lingkungan hidup. Terkait dalam kepala sekolah mempunyai tugas pokok melaksanakan sebaagian urusan pemerintah kabupaten Temanggung di bidang lingkungan hidup daerah, dan mempunyai fungsi :

a.         Menyusun rencana strategis dan akuntabilitas kinerja di sekolah

b.         Melaksanakan semua program dan kegiatan sesuai lingkup tugas di sekolah

c.         Memimpin, mengawasi, membina dan mengarahkan pelaksanaan kegiatan di sekolah

d.        Menyiapkan rumusan kebijakan dan petunjuk teknis di bidang lingkungan hidup di sekolah

 

 

           

Sekretaris mempunyai tugas pokok membantu melaksanakan sebagian tugas kepala seoklah di bidang kesekretarian dan mempunyai fungsi :

a.       Membantu penyusunan rencana strategis dan laporan akuntabilitas kinerja sekolah.

b.      Memimpin kegiatan kesekretariatan dan bertanggung jawab atas kelancaran pelaksanaan tugasnya.

c.       Membina dan menyelenggarakan administrasi umum dan keuangan,pPerencanaan program, monitoring, evaluasi dan pelaporan.

d.      Mengkoordinasikan tugas-tugas bidang di lingkungan sekolah, dan

e.       Melaksanakan tugas danbBerkoordinasi dengan tim pelaksana kegiatan.

 

Tim adiwiyata bidang analisis pencegahan dampak lingkungan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas kepala sekolah di bidang analisis pencegahan dampak lingkungan dan mempunyai fungsi :

a.       Menyusun encana dan program kerja limgkup bidang analisis pencegahan dampak lingkungan.

b.      Merumuskan kebijakan dan petunjuk teknis di bidang pencegahan dampak lingkungan.

c.       Melaksanakan pengendallian terhadap teknis pelaksanaan ANDAL dan AMDAL.

d.      Menyelenggarakan kegiatan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data lingkungan hidup.

e.       Melaksanakan koordinasi penyusunan program kerja dan pelaporan pengelolaan lingkungan hidup dan pencegahan dampak lingkungan.

f.       Menyusun bahan dan merumuskan serta melakukan teknis operasional pengawasan dan pengembangan serta pengkajian dan penilaian analisis encegahan ampak lingkungan.

g.      Membina dan mengkoordinasikan pengawasan dan pengembangan teknis analisis pengkajian dan penilaian mengenai lampak lingkungan.

h.      Melakukam monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkup tugas.

 

Tim adiwiyata bidang pengawasan dan pengendalian mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas kepala sekolah di bidang pengawasan dan pengendalian dan mempunyai fungsi :

a.       Menyusun rencana dan program kerja lingkup bidang pengawasan dan pengendalian.

b.      Menyusun kebijakan teknis operasional pengawasan dan pengendalian dampak lingkungan.

c.       Melakukan pencegahan dan penanggulangan kerusakan lingkungan dan pencemaran lingkungan.

d.      Melakukan monitoring dan koordinasi dalam enerapan RKL/RPL, UKL/UPL serta analisis dan evaluasi pelaksanaan pengendalian dampak lingkungan.

 

Tim adiwiyata bidang rehabilitas dan pemulihan mempunyai tugas pokok melaksankan sebagian tugas kepala sekolah di bidang rehabilitas dan pemulihan dan mempunyai fungsi :

a.       Menyusun rencana program kerja di bidang rehabilitas dan pemulihan.

b.      Melaksanakan rehabilitas dan pemulihan kualitas lingkungan sekolah.

c.       Melaksanakan pembinaan peran serta warga sekolah masyarakat dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan.

d.      Melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan lingkup tugas.

 

Tim adiwiyata bidang pengujian kualitas lingkungan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebahagian tugas kepala sekolah:

a.       Menyusun rencana dan program kerja lingkup bidang pengawasan dan pengendalian.

b.      Menyusun kebijakan teknis operasional pengawasan dan pengendalian dampak ingkungan.

c.       Melakukan pencegahan dan penanggulangan kerusakan lingkungan dan pencemaran lingkungan.

d.      Melakukan monitoring dan koordinasi dalam penerapan RKL/RPL, UKL/UPL.

e.       Melakukan evaluasi pelaksanaan pengendalian dampak lingkungan.

 

Galery : berisi foto kegiatan adiwiyata SMA Negeri 3 Temanggung

 

 

Sambuatan kepala sekolah SMA Negeri 3 Temanggung

 

Ketua Tim Adiwiyata Lingkungan Hidup SMA Negeri 3 Temanggung dengan ini memberikan apresiasi dan respon yang positif dengan adanya situs Tim Adiwiyata SMA Negerin3 Temanggung.

 

Berkenaan hal tersebut dengan segala kerendahan hati, kami mohon masukan dan saran dari berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas dari situs Tim Adiwiyata lingkungan hidup SMA Negeri 3 Temanggung yang telah memberikan informasi program dan kegiatan dari Tim Adiwiyata lingkungan hidup SMA Negerfi 3 Temanggung dalam pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik.

 

Akhirnya semoga dengan adanya Situs TimA diwiyata Lingkungan Hidup SMA Negeri 3 Temanggung ini diharapkan akan dapat memberikan informasi secara luas kepada masyarakat pada umumnya dan untuk peningkatkan kualitas serta Tim Adiwiayata Lingkungan Hidup SMA Negeri 3 Temanggung pada Khususnya, sehingga program adiwiyata lingkungan hidup di SMA Negeri 3 Temanggung dapat dilaksanakan secara optimal dan terpadu dalam rangka menjaga serta melestarikan fungsi lingkungan hidup di sekolah.

 

Demikianlah semoga bermanfaat kiranya dan terima kasih.

 

 

Berita tentang lingkungan hidup

 

Pengertian dan Tujuan Program Adiwiyata

 

Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif. ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna: Tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan

 

Pengertian Kalpataru sebagai simbol bentuk penghargaan

 

Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif. ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna: Tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

 

 

Indikator Program Adiwiyata

 

Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan Untuk mewujudkan Sekolah yang Peduli dan Berbudaya Lingkungan maka diperlukan beberapa kebijakan sekolah yang mendukung dilaksanakannya kegiatan pendidikan lingkungan hidup oleh semua warga sekolah sesuai dengan prinsip-prinsip dasar Program Adiwiyata yaitu partisipatif dan berkelanjutan

 

Penghargaan Adiwiyata

 

Penghargaan Adiwiyata bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan melalui lembaga pendidikan formal mulai Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas se Indonesia. Proses seleksinya didasarkan pada 4 kriteria yang meliputi pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.

 

Revitalisasi Program Adiwiyata

 

KRITERIA NON FISIK

 

A. Institusi (Sampah, Air, dan Udara) 1.Kelembagaan, 2.Produk Hukum 3. Anggaran, 4. Fasilitas (sampah, air bersih, IPAL Domestik, lalu lintas) 5. Tingkat Pelayanan (sampah, air bersih dan IPAL domestik, kinerja lalu lintas)

 

Kegiatan Pemantauan Kualitas Udara .......

 

Baca

Ruang Terbuka Hijau bagi Kawasan Perkotaan

 

Kota-kota besar sering kali dijadikan simbol dari sebuah kemajuan atau keberhasilan. Gedung-gedung tinggi yang menjulang menghujam langit serta pusat-pusat perbelanjaan nan megah begitu menjamur dan berlomba-lomba untuk menjadi landmark atau icon dari setiap kota. Bahkan disalah satu sisi ibu kota Jakarta saja bisa berdiri dua atau tiga bahkan empat pusat perbelanjaan sekaligus dengan jarak yang sangat berdekat-dekatan.

 

 

Pengertian Pembinaan Adiwiyata;

            Suatu tindakan yang dilakukan oleh organisasi / lembaga atau pihak lainnya melakukan pembinaan dalam meningkatkan pencapaian kinerja program adiwiyata yang berdampak positif terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

 

Tujuan Pembinaan

a.       Meningkatkan kapasitas sekolah untuk mewujudkan sekolah adiwiyata.

b.      Meningkatkan kapasitas kelembagaan dan sumberdaya manusia dalam pengelolaan program adiwiyata.

c.       Meningkatkan pencapaian kinerja pengelolaan Adiwiyata baik di propinsi maupun di kabupaten / kota termasuk sekolah dan masyarakat sekitarnya.

             

Komponen dan standar Adiwiyata meliputi:

a.       Kebijakan berwawasan lingkungan

b.      Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) memuat upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

c.       RKAS memuat program dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup

 

 

 

Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, memiliki standar:

 

Tenaga pendidik memiliki kompetensi dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran yang berwawasan lingkungan hidup.

Peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup

 

Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif memiliki standar:

 

a.       Melaksanakan kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang terencana bagi warga sekolah.

b.      Menjalin partnership dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan berbagai macam pihak yaitu masyarakat, pemerintah, swasta, media, sekolah lain.

 

Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan memiliki satandar:

a.       Ketersediaan sarana prasarana pendukung yang ramah lingkungan.

b.      Ketersediaan kualitas pengelolaan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan di sekolah.

 

Target pencapaian pembinaan 2015-2016

a.       Kepala sekolah melakukan pembinaan, sosialisasi dan kerja teknis kepada seluruh tim dan warga sekolah dengan melibatkan partisipasi masyaarakat.

b.      Tim melakukan pembinaan, sosialisasi dan kerja teknis kepada wali kelas, serta seluruh siswa.

             

Mekanisme Pembinaan

 

Pelaksana pembinaan meliputi Tim adiwiyata melakukan pembinaan program adiwiyata terhadap para siswa dalam rangka mendorong pencapaian program adiwiyata di sekolah.

Langkah pembinaan:

a.       Melakukan sosialisasi adiwiyata di kelas dan sekolah

b.      Melakukan pendampingan kepada siswa dalam pelaksanaan proram adiwiyata.

c.       Melakukan kerja sama dengan partisipasi masyarakat sekitar

d.      Melakukan pembentukan kelas model atau percontohan

e.       Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program adiwiyata di sekolah

f.       Melaporkan hasil pembinaan kepada tim di tingkat sekolah

g.      Tim adiwiyata sekolah melakukan pembinaan kepada para siswa di sekolah.

 

 

 

Pelaksanaan pembinaan adiwiyata di sekolah

Langkah pembinaan:

a.       Tim adiwiyata sekolah melakukan pembinaan program adiwiyata terhadap sekolah dalam rangka Ippho pelaksanaan dan pencapaian program adiwiyata di sekolah.

b.      Melakukan sosiaslisasi kupas tuntas adiwiyata di sekolah.

c.       Melakukan pendampingan di kelas dalam mewujudkan sekolah adiwiyata.

d.      Melakukan kerja teknis kepada warga sekolah.

e.       Melaksanakan kelas model percontohan adiwiyata.

f.       Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program adiwiyata di sekolah.

 

Bahan pembinaan program adiwiyata meliputi:

a.       Tujuan, program adiwiyata seperti: komponen, standar, kondisi lingkungan hidup sekolah, kebijakan sekolah, kurikulum sekolah, kegiatan sekolah, sarana dan prasarana.

b.      Penyusunan mengenai rencana kerja dan mengalokasikan anggaran berdasarkan hasil kajian tersebut disesuaikan dengan komponen standar adiwiyata.

c.       Pelaksanaan kegiatan program adiwiyata di sekolah.

d.      Pemantauan dan evaluasi oleh tim adiwiyata sekolah.

 

Pelaksanaan pembinaan adiwiyata meliputi:

a.       Pelaksanaan pembinaan adiwiyata dan evaluasi hasil pelaksanaan program adiwiyata tingkat sekolah.

b.      Pembinaan adiwiyata didokumentasikan dan dikomunikasikan kepada pihak terkait dan masyarakat luas melalui web?site atau media komunikasi lainnya.

c.       Program pembinaan menyesuaikan dengan permasalahan di masing?masing sekolah.

Program pembinaan dapat berupa pengembangan pembelajaran lingkungan hidup, pengembangan metode pembelajaran, pengembangan SDM, pengembangan kemitraan dan kerja sama dengan pihak lain, pencapaian kinerja pengelolaan program adiwiyata, dan lain sebagainya.

 

LAST_UPDATED2
 

Add comment


Security code
Refresh